LAPORAN
REFLEKSI PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
(pkm)
REFLEKSI PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR
(pkm)
Laporan ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR (PKM)-PDGK4209
YANG DIBINA OLEH : Bp.NURWANA.S.Pd
YANG DIBINA OLEH : Bp.NURWANA.S.Pd
Oleh :
ARHAP
NIM : 821 974 378
UNIT PROGRAM BELAJAR JARAK JAUH BANDAR LAMPUNG
UNIVERSITAS TERBUKA
POKJAR KAB. WAY KANAN
2011.2
LAPORAN REFLEKSI
A.PENDAHULUAN.
1.LATAR BELAKANG PEMBUATAN LAPORAN
Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara siswa dan guru untuk mencapai
tujuan yang telah dirumuskan. Tujuan itu akan berhasil apabila ditunjang oleh interaksi yang
baik hubungan itu akan berjalan baik apabila metode yang digunakan dalam proses
pembelajaran melibatkan langsung peserta didik,sehingga partisipasi siswa dalam
proses pembelajaran sangat aktif dan penuh antusias.
Mengajar adalah suatu perbuatan yang kompleks karena menuntut kemampuaan
professional,personal atau social cultural secara terpadu.
Dalam proses belajar menggajar J. J. Hasibuan 2004 mengemukakan bahwa
mengajar adalah sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar.
Hal yang sama terjadi dalam profesi guru. Guru yang baik adalah guru yang mau belajar
Dari apa yang telah dilakukannya,guru yang mau melihat dan mau mengakui kekuatan dan
kelemahannya beserta factor-faktor yang membuat kuat atau lemah dalam mengajar,guru
mau mengambil pelajaran dari apa yang terjadi dan dilakukan sebelumnya untuk
perbaikkan dimasa mendatang.
1.LATAR BELAKANG PEMBUATAN LAPORAN
Pembelajaran adalah suatu proses interaksi antara siswa dan guru untuk mencapai
tujuan yang telah dirumuskan. Tujuan itu akan berhasil apabila ditunjang oleh interaksi yang
baik hubungan itu akan berjalan baik apabila metode yang digunakan dalam proses
pembelajaran melibatkan langsung peserta didik,sehingga partisipasi siswa dalam
proses pembelajaran sangat aktif dan penuh antusias.
Mengajar adalah suatu perbuatan yang kompleks karena menuntut kemampuaan
professional,personal atau social cultural secara terpadu.
Dalam proses belajar menggajar J. J. Hasibuan 2004 mengemukakan bahwa
mengajar adalah sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar.
Hal yang sama terjadi dalam profesi guru. Guru yang baik adalah guru yang mau belajar
Dari apa yang telah dilakukannya,guru yang mau melihat dan mau mengakui kekuatan dan
kelemahannya beserta factor-faktor yang membuat kuat atau lemah dalam mengajar,guru
mau mengambil pelajaran dari apa yang terjadi dan dilakukan sebelumnya untuk
perbaikkan dimasa mendatang.
2.TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN
a. Memberikan kesempatan pada diri kita sebagai guru untuk melihat kekuatan dan kelemahan kita dalam mengajar, apa saja yang sudah baik dan belum baik, serta faktor apa saja yang menyebabkan perilaku mengajar kita disebut baik dan kurang baik.
b. Memberikan masukan pada diri kita sebagai guru dalam meningkatkan kekuatan yang dimiliki agar lebih baik serta memperbaiki kelemahan yang ada agar menjadi baik.
3.GAMBARAN UMUM PEMBUATAN LAPORAN
Penyusunan laporan refleksi didasarkan pada pelaksanaan praktek yang dilakukan penulis sejak tanggal 15 Nopember 2011.
Di SDN 02 Kasui Pasar.Kec.Kasui.Kab.Way Kanan. Laporan ini berisi tentang kelemahan dan kelebihan proses belajar mengajar pada murid serta faktor-faktor penyebab keduanya yang ditemukan langsung oleh guru saat proses pembelajaran. Laporan ini juga memuat kesimpulan yang berisi kelemahan dan kelebihan yang telah dilakukan oleh guru yang bermanfaat untuk perbaikan kegiatan mengajar berikutnya.
Di SDN 02 Kasui Pasar.Kec.Kasui.Kab.Way Kanan. Laporan ini berisi tentang kelemahan dan kelebihan proses belajar mengajar pada murid serta faktor-faktor penyebab keduanya yang ditemukan langsung oleh guru saat proses pembelajaran. Laporan ini juga memuat kesimpulan yang berisi kelemahan dan kelebihan yang telah dilakukan oleh guru yang bermanfaat untuk perbaikan kegiatan mengajar berikutnya.
B. TEMUAN-TEMUAN DALAM PEMBELAJARAN
1. PERTEMUAN 1
1. PERTEMUAN 1
a. Kelemahan yang saya temukan selama proses mengajar
Ketika Guru menjelaskan tentang sifat-sifat bangun datar dan hubungan antar negara, sebagian anak tidak memperhatikan dan sebagian lain aktif memperhatikan dengan maksimal.
Ketika Guru menjelaskan tentang sifat-sifat bangun datar dan hubungan antar negara, sebagian anak tidak memperhatikan dan sebagian lain aktif memperhatikan dengan maksimal.
b. Kelemahan tersebut terjadi
karena Guru kurang efektif dalam melakukan kegiatan apersepsi. Guru langsung menjelaskan materi pelajaran, padahal secara fisik dan mental siswa belum siap menerima pelajaran dan konsentrasinya belum sempurna.
karena Guru kurang efektif dalam melakukan kegiatan apersepsi. Guru langsung menjelaskan materi pelajaran, padahal secara fisik dan mental siswa belum siap menerima pelajaran dan konsentrasinya belum sempurna.
c. Kelebihan yang saya temukan selama proses pembelajaran adalah
Pada saat guru menjelaskan, walaupun ada sebagian murid tidak memperhatikan (berbicara sendiri, bergurau dengan temannya). Tetapi pada saat mengerjakan soal-soal latihan secara umum bisa menjawab semua hanya 1 anak yang tidak bisa.
Pada saat guru menjelaskan, walaupun ada sebagian murid tidak memperhatikan (berbicara sendiri, bergurau dengan temannya). Tetapi pada saat mengerjakan soal-soal latihan secara umum bisa menjawab semua hanya 1 anak yang tidak bisa.
d. Kekuatan tersebut terjadi karena
Metode yang diterapkan guru cukup variatif, ceramah, tanya jawab juga diskusi. Sehingga anak yang belum paham bisa bertanya pada temannya sendiiri dalam kelompoknya.
Metode yang diterapkan guru cukup variatif, ceramah, tanya jawab juga diskusi. Sehingga anak yang belum paham bisa bertanya pada temannya sendiiri dalam kelompoknya.
e. Hal-hal unik yang terjadi selama proses pembelajaran
Ketika pelajaran berlangsung terlihat seorang anak sedang membaca sebuah buku cerita bergambar.
Ketika pelajaran berlangsung terlihat seorang anak sedang membaca sebuah buku cerita bergambar.
f. Dengan memperhatikan proses pembelajaran pada pertemuan I
rencana saya selanjutya adalah :
- Melakukan apersepsi dengan baik
- Penerapan multi metode
- Perhatian terhadap siswa secara menyeluruh dan merat
rencana saya selanjutya adalah :
- Melakukan apersepsi dengan baik
- Penerapan multi metode
- Perhatian terhadap siswa secara menyeluruh dan merat
C.KESIMPULAN
1. Secara umum kelemahan pembelajaran yang saya lakukan adalah :
Selama 12 kali pertemuan dalam praktek mengajar di SDN 02 Kasui Pasar Ke.Kasui.Kab.Way Kanan,terdapat kelemahan pada beberapa aspek kegiatan pembelajaran yaitu pada kegiatan apersepsi, pemilihan metode, pengadaan media pembelajaran, penyusunan indikator, penyusunan alat evaluasi. Ada juga kelamahan tersebut memang dari faktor fisik siswa.
Selama 12 kali pertemuan dalam praktek mengajar di SDN 02 Kasui Pasar Ke.Kasui.Kab.Way Kanan,terdapat kelemahan pada beberapa aspek kegiatan pembelajaran yaitu pada kegiatan apersepsi, pemilihan metode, pengadaan media pembelajaran, penyusunan indikator, penyusunan alat evaluasi. Ada juga kelamahan tersebut memang dari faktor fisik siswa.
2. Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah bersumber dari kesiapan guru yang
kurang oprtimal. Pertama dari segi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kurang valid misalnya penyusunan indikator, apersepsi, pemilihan metode, media dan alat yang seringkali tidak sesuai dengan RPPnya.
kurang oprtimal. Pertama dari segi penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang kurang valid misalnya penyusunan indikator, apersepsi, pemilihan metode, media dan alat yang seringkali tidak sesuai dengan RPPnya.
3. Secara umum kelebihan pembelajaran yang saya lakukan adalah ada beberapa kali pertemuan dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan secara memuaskan, yang didasarkan pada terjawabnya semua evaluasi akhir oleh siswa.
4. Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah
Penyusunan indikator pada RPP sangat sesuai, demikian pula apersepsi, pemilihan metode, pemilihan media, dan alat evaluasi sesuai dengan kondisi dan tingkat kemampuan siswa
Rangkuman perbaikan pembelajaran yang telah dilakukan adalahPenyusunan indikator pada RPP sangat sesuai, demikian pula apersepsi, pemilihan metode, pemilihan media, dan alat evaluasi sesuai dengan kondisi dan tingkat kemampuan siswa
? Sebelum guru melaksanakan proses belajar mengajar dikelas maka akan disiapkan dulu secara cermat, yang disesuaikan dengan materi antara lain :
@ Pengalikasian waktu
@ Penyusunan indicator
@ Langkah-langkah pembelajaran yang meliputi :
Ø Apersepsi.
Ø Pemilihan metode.
Ø Pemilihan Media
Ø Alat evaluasi
Ø Tindak Lanjut untuk Murid
yang semua itu akan di padukan dengan pelaksanannya dikelas.sehingga dapat menghasilkan
proses belajar mengajar yang berkualitas.
NOTE : ITU CUMA CONTOH MAU LENGKAPNYA..HUBGI SAYA DI FACEBOOK...
SETIAP SAAT SIAP MELAYANI ANDA,,DALAM MENYELESAIKAN LAPORAN TUGAS2 KULIAH UT ANDA.
HATUR NUHUNN BANTOSAN NANA MUDAH"AN JANTEN IBADAH AMIENN,,
BalasHapus